26 Jul 2013

Profil 10 Pasang Calon Walikota Makassar


 

KPUD Kota Makassar telah menetapkan nomor urut untuk 10 pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Pengundian nomor urut pasangan calon dilakukan dengan tiga tahap. Tahap pertama, Ketua Panwaslu Makassar, Amir Ilyas mengambil nama salah satu pasangan calon yang ada di kotak pertama. Kemudian nama pasangan calon yang telah diambil, dipersilakan mengambil nomor antrean di kotak kedua. Tahapan selanjutnya, pasangan yang mendapatkan nomor antrean pertama dipersilakan lebih dulu untuk mengambil nomor urutnya. Setelah semua pasangan memegang nomor urut, mereka kembali ke tempatnya masing-masing. Proses selanjutnya membuka gulungan kertas yang berisi nomor urut, dipimpin oleh ketua KPUD Makassar Nurmal Idrus.

Berikut adalah nomor urut pasangan calon wali kota Makassar yang segera berkompetisi pada September 2013 mendatang.

1. Adil Patu - Isradi Zaenal,
2. Supomo Guntur - Kadir Halid,
3. Rusdin Abdullah - M. Idris Patarai,
4. Herman Handoko - Abd. Latif Bafadhal,
5. Erwin Kallo - Hasbi Ali,
6. Tamsil Linrung - Das'ad Latif,
7. Sitti Muhyina M. - Syaiful Shaleh,
8. M. Ramadhan Pomanto - Syamsu Rizal,
9. Irman Yasin Limpo - Busrah Abdullah,
10. Apiati K. Amin Syam - H Zulkifli Gani Ottoh.

Ke-10 pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar yang sebelumnya telah lolos verifikasi berkas dan dinyatakan bisa ikut, memperebutkan sebanyak 983.990 pemilih yang tersebar di 14 kecamatan.


Dari 10 pasangan, enam di antaranya didukung oleh partai politik. Yakni pasangan Adil Patu-Isradi Zaenal didukung PDK dan Gerindra, pasangan Supomo Guntur-Kadir Halid usungan Golkar dan PDIP, pasangan Tamsil Linrung-Das'ad Latif diusung Partai PKS, PBR dan Hanura, dan pasangan M Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal didukung Partai Demokrat dan PBB.

Apiati K Amin Syam-H Zulkifli Gani Otto didukung partai PKNU, Pelopor, PPI, PBN, PPPI, PDP, PPDI, PKPB, PKBIB, Partai Kedaulatan, PNBKI, PKDI, PPN, PNIM, PPRN, Partai Buruh dan Republikan.
Berikut ini profil singkat kesepuluh pasangan calon walikota dan wakil walikota Makassar.

1. Adil Patu adalah ketua PDK Sulsel, mencalonkan diri jadi Walikota Makassar periode sebelumnya, tetapi kalah. Isradi Zainal adalah fungsionaris partai Gerindra.
Janji : Listrik gratis.

2. Supomo Guntur adalah wakil walikota Makassar saat ini. Kadir Halid adalah adik kandung Nurdin Halid, politisi senior Golkar.
Janji : Ambulans gratis 24 jam.

3. Rusdin Abdullah adalah ketua Asosiasi Rekanan Dagang dan Industri Indonesia (Ardindo) Sulsel. Idris Patarai adalah mantan Kepala Bappeda Makassar.

4. Herman Handoko dan Latif Bafadhal.
Janji : Angkot gratis.

5. Erwin Kallo adalah seorang advokat, terobosannya "Makassar Idol" menjaring wakil walikota lewat polling sms. Hasbi Ali adalah Dekan Fakultas Hukum UMI.

6. Tamsil Linrung adalah politisi PKS, anggota DPR-RI sekaligus ketua Banggar DPR. Das'ad Latif adalah seorang ulama.
Janji : penanganan sampah.

7. Muhyina Muin adalah seorang politisi. Syaiful Saleh adalah mantan kepala Dinas pertanian dan Perikanan Makassar.

8. Danny Pomanto adalah seorang teknokrat, telah banyak merancang bangunan megah di Makassar. Syamsu Rizal adalah ketua PMI Makassar.

9. Irman Yasin Limpo adalah adik kandung gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Busrah Abdullah adalah politisi PAN.
Janji : Pendidikan gratis yang total dan menyeluruh.

10. Apiaty Amin Syam adalah mantan birokrat Makassar, istri mantan gubernur Amin Syam. Zulkifli Gani Ottoh adalah ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel.

Demikian profil singkatnya. Siapapun pilihan Anda, semoga Makassar aman dan maju.

Sumber : Merdeka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...